Pages

Monday, July 8, 2013

Kiat kiat masuk USM 3 Unpar setelah gagal SNMPTN ala Bene

Jadi.... sebelumnya gue ucapin dulu selamat buat yang pada lulus SNMPTN (ato sekarang SBMPTN) dan bersiap masuk PTN pilihannya....

well, buat yang kaga keterima jangan bersedih hati, ato perpendeklah masa berkabung anda....karena dulu gue juga gagal.... nyesek sih ngeliat tulisan "anda gagal" tapi tetep aja kita harus move-on kan ... entah buat kuliah di tempat laen, nyobain UM PTN ato swasta ato mempersiapkan diri buat ujian lagi taun depan....

Sebenernya da beberapa opsi sih buat kalian yang gagal tes, bisa ambil Ujian Masuk ato USM swasta maupun PTN yang ngadain, ato bisa juga ambil beasiswa (kayak MEXT, cuma gue gak begitu ngerti yang satu ini, jadi kalo mau nanya tanyalah ke temen gue Tamy yang udah ngejalanin, ni blog dia http://ceritamaraaa.blogspot.com/ )  . Nah yang gue alami dan gue lakukan adalah....mari kita simak..

dulu setelah gue ikut satu bimbel yang cukup terkenal beserta semua simulasinya, udah ngetes tingkat keberhasilan gue buat masuk kira-kira berapa persen, dan waktu itu tingkat keberhasilannya di atas 70%, gue sama seperti kalian deg degan nungguin hari pengumuman... Dan ternya ta yang terjadi adalah kemungkinan di bawah 30% itu yaitu gue gagal... waktu itu tentu saja perasaan kecewa, sedih, dan sebagainya campur aduk, dan sekalipun semua udah nenangin tetep aja sulit menerima keputusan itu... toh akhirnya tetep tulisan di webnya kaga berubah dan harus move on juga...

Setelah itu, akhirnya dengan perasaan sedikit ogah-ogahan, gue milih USM 3 Unpar, karena kedua ortu gue mantan Unpar , dan menurut gue dari awal kalo gue gak masuk PTN (dalam hal ini ITB), gue bakal masuk Unpar (gak mau yang laen , kalo gak masuk gue bakal nganggur)....waktunya tinggal 2 minggu waktu itu sebelum test, dan dengan masih berasa kesel ma hasil SNMPTN gue mulai survei dan minjem soal dan buku....

menurut survei gue (yang gue lakuin sama temen temen gue yang berhasil masuk Unpar), rata-rata mereka mengerjakan soal Mat di atas 50% ato setengahnya dan Inggris kerjain di atas 90% ato kalo bisa hajar semuanya... OK, done, lanjut, katanya bimbel yang cukup bagus buat masuk Unpar adalah D@n**** jadi gue pinjem buku sama soal simulasi temen gue yang bimbel di sono..... Dan selama 2 minggu akhirnya gue belajar (ato lebih tepatnya stengah belajar) .... Waktu itu kan gue gagal Teknik Industri ITB, jadi tadinya gue mau beralih ke Menegemen Unpar tapi gue alihin ke Teknik Industri Unpar (alesannya...... kata sodara gue mending TI soalnya gue dari IPA hahaha) .....dan gue pun mengerjakan soal menurut survei yang gue lakuin, kalo gak salah waktu itu Mat gue kerjain di atas 25 soal tapi gak nyampe 30 (dari 40) dan inggris gue kerjain 37 soal (dari 40 juga)..... sesudah test tentunya anda-anda pasti was was kan dengan nilai dan hasilnya?? gue juga, nah Unpar punya solusi buat nambah sumbangan, tapi setelah gue srvei lagi soal tambah uang sumbangan , akhirnya gue kaga nambah sumbangan, jadi sumbangan gue 0, ya 0, gue cuma bayar pokoknya aja (kurang edan apa lagi USM 3 gak bayar sumbangan)... tapi toh pada akhirnya gue keterima juga...... jadi intinya menurut gue Unpar lebih mentingin otak daripada sumbangan... OK, sekarang kita review buat kiat-kiatnya wahai kalian yang bakal move on ke Unpar

  1. Cepetan Move-On dan belajar mumpung masih ada waktu, jangan disia siain sisa waktunya
  2. rajin berdoa (terbukti meningkatkan ketenangan dan konsentrasi)
  3. Biasanya kalo udah belajar buat SNMPTN biasanya sih bisa ngerjain soal USM, tapi alangkah lebih baik kalo bisa belajar lagi dengan lebih keras, ato pinjem buku bimbel-bimbel yang mengkhususkan diri untuk Unpar....
  4. think positive .... bahwa kalian kalo gak keterima PTN tuh pasti ada rencana dari yang di atas (baca : yang maha Esa, yang maha Kuasa, at simplenya Tuhan / Allah) bahwa ada jalan yang lebih baik buat kalian (dan gue bersyukur gue kaga masuk ITB melainkan Unpar)
  5. jauhkan pikiran gimana kalo gak keterima lagi, melainkan berpikirlah bahwa ini kesempatan terakhir kalian dan harus dieksekusi dengan sangat baik
  6. persiapkan tes dengan matang, termasuk hal-hal kecil seperti alat tulis dan kartu ujian, oh ya kalo gue ditambah ngunyah permen karet sebelom ujian (kata penelitian, ngunyah permen karet bisa ngebantu konsentrasi, asal jangan ditelen yah)
  7. jangan telat sebelum ujian, selain nguras energi buat lari-lari, ngurusnya juga lama, dateng lebih awal berarti anda bisa belajar lebih banyak
  8. biasanya (normalnya) kalo buat masuk unpar , dulu gue dan temen-temen gue ngerjain soal mat di atas 20 dari 40 dan ngebabat soal inggrisnya, asal bener jawabnya dan yakin, pasti bisa masuk....jangan takut kalo ngeliat soal 40 dan rada susah, ntar kalian pada ilang konsen, mending fokus ngerjain yang bener tapi yakin bener daripada ngasal terus salah, awas minus......
  9. minta restu dari orang tua, kadang kita kelupaan tapi doa orang tua selalu manjur loh, apalagi doa ibu.....
  10. masalah sumbangan, kalo kalian gak yakin dengan jawaban kalian, ertimbangkanlah memberi lebih, kalo cukup yakin memberilah secukupnya, tapi yang satu ini gue gak nyaranin kalian kayak gue loh ya yang gak ngasih sumbangan, usahain kasih aja deh ya buat jaga-jaga...hehehe

paling itu aja sih....kalo ada yang tau lagi bisa comment hehehe.....

NB : itujaman gue dan belum tentu sama kayak kalian, ini cuma bahan pertimbangan tapi jangan ditelen mentah-mentah yeee... pokoknya tetep harus belajar yang bener biar bisa masuk hehehe 

59 comments:

  1. ka mau tanya, soal usm nya unpar itu tingkat kesulitannya seperti un atau sbmptn? soal2 yg perlu dipelajari itu yg spt apa? terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. hahaha sory baru bales gue baru buka lagi, mmm....... susahan mana yah, kalo sama UN sih jelas lebih susah tes universitas lah, kalo sama sbmptn (ato jaman gue snmptn) itu kalo kata gue sih sama aja, yang jadi masalah buat orang kebanyakan tuh kalo snmptn soal mat sama inggrisnya gak banyak, kalo tes unpar tuh lumayan jadi buat beberapa orang yang panik-an yah cukup berbahaya. Soal-soal yang harus dipelajari yah , mmm.... sama aja kayak yang gue belajar dari sekolah sama bimbel deh, yang penting banyak latihan itu aja sih .....oh sama kata orang"yang gue tanyain dulu pas sebelum ujian tuh kalo usm 1, 2, 3 tuh beda-beda susahnya, misal klo usm 1 susah di inggris, 2 di mat, 3 dua"nya tapi yah tergantung juga sama orangnya sih (masalah susah nggaknya kan masalah rumor dan persepsi belaka), lagian kan itu "kata mereka" bukan kata kamu...cobain aja USM nya ntar kerasa kok hehehe

    ReplyDelete
  3. kaaak pengen nanya dong kalo soal usm nya unpar itu pilihan ganda gitu? apa esay? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilihanganda kok...kalau bener plus, kalau salah minus..... tapi kalau arsitek kayaknya ada tes gambar...tapi kurang tau juga sih ehehehe

      Delete
  4. ka les yang buat masuk unpar itu dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya soh di Daniel, tapi gua waktu dulu di SSC sih hehehe....

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ka kmren pas saya coba d unpar, ada banyak bpak2 jual kump soal test unpar gtu, tuh sbnernya bner ato ga sie??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ato nggak gue gak tau karena gue gak pernah beli yang begituan hehehe

      Delete
  7. berarti yang di ujikan di usm cuman 2 mata pelajaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tergantung jurusan, soalnya kan ada juga yang kena tes fisika, ato ngegambar

      Delete
  8. Contoh nih kak... saya rencana nya mw ambil jurusan akuntansi di unpar yg di ujikan? Kadar kesulitan soalnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setqu gue yg diujiin sama deh smua jurusan, maksudnya mat nya sama, inggrisnya sama, cm ad yg ditambah fisika, tapi yah dibakik layar sih apa yg dipertimbangkan gue gak tau..

      Delete
  9. kak punya soal usm yg tahun2 lalu ga kak?

    ReplyDelete
  10. kak tes bahasa inggris kakak belajar dari buku apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulunya kan gue les di ssc, jadi gue bljr dari situ, paling sama minjem soal dari temen gue yg belajar di bimbel lain (yg ud gue sebut di atas) hahaha

      Delete
  11. wih kakak bene mantap nih tipsnya.. hahaha...

    ReplyDelete
  12. Kak aku udh keterima TI unpar nah sebenernya TI susah gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sory nih baru bales, blog ini udah mulai gak kerawat jadi ntar gue rawat lagi dah, hahaha, nanti di post berikutnya gue gamblangin deh apa yang gue rasain kuliah di sini hehehe

      Delete
  13. Bang benedic.. usm unpar itu, diadakan di kampusnya ya?
    Jadi kita harus ke kampusnya buat ikut tes usm ya ?
    Trus kalau jurusan ips bisa ikut usm arstektur unpar ga ya?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gue sih dulu ada beberapa sekolah di daerah luar bandung yang dijadiin tempat test juga, tapi gak tau yang masih ada apa nggak kayak begitu, yah gue sih dulu tes di unparnya. Kayaknya gak bisa deh dari IPS ke arsi, kayaknya loh yah, bisa diek aja ke humas unparnya

      Delete
  14. ka mau tanya tanggal 25 januari nanti kan saya mau tes unpar mau ambil TI juga, skrng kalo industri yang di tes mat sama inggris aja ya kak? atau fisika jg ikut? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jaman gue sih mat sama inggris aja yah, dan sepertinya belom berubah, tapi coba aja dicek lagi, biasanya kalau mau tes dikasih tau kok apa aja yang bakal diuji-in

      Delete
  15. Ka, aku mau masuk teknik sipil unpar, biasanya total soal ada berapa sih kurang lebihnya? Waktu yang dikasih berapa lama? Selain math dan english ada materi apa lagi untuk teknik sipil? fisika mungkin atau ada yang lain juga? Untuk tes usm unpar ada wawancara atau semacamnya tidak?
    Terimakasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah lupa kalo detil-detil yang begitu, dan harusnya sih kalo sipil ada fisikanya, tapi gak tau juga soalnya gak pernah tes sipil wkwkwk... biasanya kalo USM sih cuma tes tertulis aja, gak ada wawancara sih

      Delete
  16. Aloha . hehe . ane mw ikutan jg nih pengen ngambil teknik sipil juga. tapi kykny ikutan usm 3 . kira kira masih terbuka g peluangnya ya klo usm 3? dak tesnya tentang ap aj ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya peluang sih pasti ada, cuma gak banyak hehehe

      Delete
  17. Kak, kalau aku mau masuk HI Unpar jalur USM, cuma dites Inggris sama Matematika ya? HI aja atau berlaku untuk semua jurusan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampir semua jurusan tuh inggris ma mat, ada beberapa jurusan yang ada fisikanya kalo gak salah sih sipil, kalau arsi gambar

      Delete
  18. Kak bulan mei ini aku mau ikut USM UNPAR ke 2 . Kira" untuk jurusan arsiteknya apa aja sih yang di ujiankan ? Biologi sama kimia ada gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada biologi kimia kok tenang aja hahaha

      Delete
  19. ka, aku mau ikut usm ke 2 arsitektur. yg diujian kan apa aja? denger2 ada ujian ngegambar?

    ReplyDelete
  20. ka, mat usmnya untar sama kaya mat das ato mat ipa nya snmptn?? (buat jurusan teknik)

    ReplyDelete
  21. ka mau nanya , kan unpar tuhkan katolik ya?? saya muslim nih , teruss katanya ada materi tentang agama katolik , kalo ga belajar ntar dapet nilai E terus ga lulus , bener gasih ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk aja broo, nanti ngmngin sama unparnya aja
      unpar asik kok

      Delete
    2. iya memang universitas kalolik, tapi untuk agama gak wajib kok ambil itu, boleh pilih antara agama katolik sama fenomenologi (kalo gak salah namanya itu) hehehe

      Delete
  22. Ka penilaiannya gmna ya? Kalo slah ad minus 1?

    ReplyDelete
  23. Ka, mampir buat nanya boleh kan? Kalau usm ada sistem online tidak? Trus kalau misalnya pendaftaran usm ke 3 dah tutup berarti gak bisa masuk unpar lagi? Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau gue sih gk ada yg online...mungkin pendaftaran aja bisa online (mungkin...gue jg gk tau hahaha) ... iya sh usm 3 tuh terakhir klo gw gk salah

      Delete
  24. Kalau mili jurusan teknik kimia itu,tes ya yang keluar apa saja?

    ReplyDelete
  25. klo jurusan hubungan internasional unpar , test masuknya juga mat dan bhs inggris ?

    ReplyDelete
  26. klo jurusan hubungan internasional unpar , test masuknya juga mat dan bhs inggris ?

    ReplyDelete
  27. soal matnyamateri paling banyak apa ka? terus inggrisnya kaya sbm reading gitu apa grammar spelling apa tenses apa gmn? hhehe makasih ya

    ReplyDelete
  28. Ka Benedic, tes HI cuma matdas dan bing doang kan???

    ReplyDelete
  29. Ka Benedic, tes HI cuma matdas dan bing doang kan???

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Kak... Mau nanya nih benar atau salahnya di hitung gmana ? Program HI kemungkinan masuk berapa % kak... Saat usm 2

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Kak kalo jurusan administrasi bisnis ditestnya apa aja

    ReplyDelete
  34. Wah mantap nih.... hehehee makasih sharingnya ka XD

    ReplyDelete
  35. Ka mau nanya dong, penilaian usm unpar sm kek sbmptn? Aku soalnya mau ikut usm 2

    ReplyDelete
  36. Ka mau nanya dong, aku kan ikut usm2 nih, soal soal yang diujinya apa aja selain matematika, inggris sama gambar, apa ada lagi?
    Thx

    ReplyDelete
  37. Materi tes usm unpar sama sbmptn sama ga kira2 kak? Trus inggrisnya yg di test apa aja ya?

    ReplyDelete
  38. Mau beli soal soal ujian saringan masuk universitas parahyangan jurusan elektro mekatronik mungkin ada yang punya ? Hp saya : 087810000990

    ReplyDelete